Spot-Spot Wajib Pabrik Yang Harus Bersih Secara Berkala

GreenClean.id – Dizaman yang serba canggih dan modern ini, pabrik -pabrik sudah memiliki lingkungan kerja yang jauh lebih baik dibandingkan pada masa revolusi industri dulu.

Biarpun kebersihan pabrik tetap wajib untuk dijaga baik menjaga kebersihan dengan cara standar seperti membersihkan lantai dan berbagai macam-macam perlengkapan produksi secara rutin, hingga membersihkan dengan metode khusus untuk menjaga sebuah ruangan tetap steril dan bebas kontaminasi misalnya dengan metode fumigasi.

Pabrik yang selalu aman soal kebersihan tidak hanya membuat nyaman bagi konsumen atau klien perusahaan yang melakukan kunjungan tapi juga bisa menjaga kesehatan dan keamanan para pekerja yang bekerja di dalam pabrik setiap hari. Berikut ini adalah beberapa area pabrik yang harus rutin untuk dibersihkan, antara lain :

 

 

Spot-Spot Wajib Pabrik Yang Harus Bersih Secara Berkala

 

 

Gudang
Area gudang, merupakan area tempat penyimpanan hasil jadi produksi yang belum didistribusikan atau untuk menyimpan bahan-bahan yang akan digunakan untuk produksi.

Sesuai dengan fungsinya yaitu tempat penyimpanan alat produksi dan juga aset yang dimiliki oleh pabrik. Dengan banyaknya barang yang ada di gudang wajar jika area ini mudah kotor, berdebu, penuh dengan serpihan-serpihan material, dan hal-hal lain yang mengganggu kebersihannya.

Gudang merupakan suatu area di pabrik yang juga wajib untuk dibersihkan, pastikan lorong-lorongnya bebas dari kotoran dan minyak, serta pastikan suasana lingkungan di gudang sesuai dengan kebutuhan barang yang disimpan misalnya pengaturan suhu dan juga sirkulasi udaranya.

Bagian-Bagian Fatal Pabrik Seperti Dinding, Langit-Langit, Dan Lantai
Tidak cuma lantai saja yang menjadi perhatian namun juga dinding dan langit-langit pun harus dibersihkan. Hal ini karena dinding dan langit-langit pun bisa terkontaminasi dengan debu, kotoran, minyak, abu bekas pembakaran, dan lainnya.

Saat membersihkan dinding dan langit-langit bersihkan pula kacanya karena kaca yang kotor jika terlalu lama tidak dibersihkan membuat tampilan makin buram dan menghalangi sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Ruangan yang minim matahari akan lebih lembab dan mudah menjadi tempat berkembangnya bakteri dan kuman.

Bagian bahan-bahan produksi
Untuk pabrik yang menggunakan bahan basah atau bahan organik untuk membuat produknya, maka akan ada risiko kontaminasi organisme seperti bakteri, jamur, dan juga kuman bahkan virus yang bisa tumbuh dari bahan organik tersebut.

Terutama untuk pabrik industri makanan, area persiapan pembuatan makanan harus dibersihkan yang biasanya dibutuhkan metode yang lebih mutakhir seperti misalnya melakukan fumigasi. Fumigasi dengan menyemprotkan bahan sanitasi berpartikel kecil bisa mematikan organisme kontaminator pada ruangan dan juga peralatan yang digunakan.

Area kantor
Area kantor pun juga wajib untuk dibersihkan. Untuk Housekeepingnya sendiri , bisa berbeda dengan yang digunakan pada pabrik di mana kegiatan produksinya berlangsung. Untuk membersihkan kantor cukup dengan menggunakan beberapa perlengkapan rumah tangga dan tidak dibutuhkan metode khusus untuk melakukannya. Terpenting yaitu dilakukan dengan rutin oleh staff yang profesional, kantor yang bersih pun bisa meningkatkan branding dari perusahaan.

Bagian R&D
Kemudian bagian ini, R&D (research and development) salah satu tempat yang tidak kalah pentingnya untuk selalu dijaga kondisi kebersihannya. Terutama jika kegiatan R&D yang dilakukan melibatkan bahan-bahan kimia maupun bahan organik untuk menciptakan produk yang berkualitas tinggi. Bahan-bahan tersebut sangat mudah terkena kontaminasi apabila ruangan tidak dibersihkan rutin.

Toilet
Dan juga yang tak kalah penting adalah toilet. Sebab toilet di pabrik memiliki traffic yang cukup tinggi, artinya digunakan oleh banyak orang yang masing-masing membawa bahan kontaminasinya sendiri dan bisa tertular ke orang lain.

Untuk itu para petugas toilet harus menjaga kebersihan toilet, menyediakan sabun cuci tangan dan juga tisu atau mesin pengering tangan pada setiap toilet agar bahan kontaminasi tidak masuk ke dalam tubuh pekerja pabrik yang menggunakan toilet secara bergiliran.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Keutamaan Kebersihan 2 Tempat Ini Pada Kantor

Sat Sep 26 , 2020
Jasa Poles Marmer Jakarta – Biarpun kualitas sebuah perusahaan memang tidak bisa dinilai semata-mata dari tampilan gedungnya, namun tapi perusahaan dengan jendela kantor yang dan jarang dibersihkan akan membuat perusahaan tersebut terkesan kurang meyakinkan dan bisa memicu citra yang baik di mata orang yang melihatnya. Berbanding terbalik dengan perusahaan yang […]
Keutamaan Kebersihan 2 Tempat Ini Pada Kantor