Cara Terbaik Penghematan Penggunaan Energi Suatu Gedung

GreenClean – Pemicu harga minyak bumi membludak di dunia karena persediaan energi yang ada di dalam bumi makin lama makin sedikit tapi kebutuhan manusia akan energi makin tinggi.

Sebagaimana penggunaan energi dalam jumlah besar juga akan berdampak buruk bagi kesehatan lingkungan, contohnya dari beberapa gas yang dihasilkan, penggunaan sumber daya yang lain untuk membangun infrastruktur pembangkit energinya.

Maka sangat penting dalam pola kehidupan manusia untuk mulai menjalani gaya hidup yang meminimalisir penggunaan energi. Salah satu alternatifnya yaitu dengan membuat gedung hemat energi seperti gedung komersial, perkantoran, dan lain sebagainya .

Bagaimana solusi untuk menciptakan hal tersebut ?

 

 

Cara Terbaik Penghematan Penggunaan Energi Suatu Gedung

 

 

 

Lokasi Pembangunan Gedung Yang Matang
Poin pertama saat akan membuat gedung hemat energi adalah pemilihan lokasi pembangunan. Lokasi gedung tidak hanya dilihat dari segi ekonominya saja tapi juga dari segi dampaknya terhadap lingkungan, transportasi, dan juga penggunaan energi.Contohnya gedung pasti sangat membutuhkan banyak pemasok air, maka sumber air yang akan digunakan pastikan dulu tidak mengganggu sumber air irigasi pendudukan setempat. Misalnya gedung digunakan untuk kegiatan industri maka pastikan fasilitas pengolahan limbahnya tidak memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan, dan lainnya.

Pilih Bahan Material Yang tepat
Gedung yang menetapkan konsep ramah lingkungan dan hemat energi umumnya dibuat dengan model menggunakan bentuk dan juga bahan material yang bisa menjaga agar suhu ruangan tetap ideal.Sebagaimana negara Indonesia merupakan negara beriklim tropis maka sebaiknya buatlah model gedung yang bisa membuat ruangan tetap sejuk dan meminimalisir suhu panas udara di luar masuk ke dalam ruangan.Dengan begitu penggunaan mesin pendingin ruangan bisa diminimalkan jumlahnya dan disetel dengan suhu yang tidak terlalu rendah agar penggunaan listrik untuk pendingin ruangan juga tidak terlalu banyak.

Pilih Material Bangunan Penyerap Panas
Contohnya yaitu dinding batu, batu bata, dan juga beton yang bisa membuat penggunaan alat elektronik pengatur suhu ruangan jadi lebih minimal dan pastinya akan lebih hemat energi.Hal ini menjadi mungkin karena bahan material tersebut bisa menyerap suhu panas dari luar sehingga ruangan gedung bisa terasa lebih sejuk tanpa menggunakan banyak alat pendingin ruangan. Kemudian ketika suhu ruangan di luar gedung turun, bahan material penyerap panas bisa melepaskan suhu panas yang diserap ke dalam ruangan untuk menjaga ruangan gedung terasa lebih hangat sehingga penggunaan penghangat ruangan bisa dikurangi.

Membuat Kerapatan Gedung Yang Tinggi
Dan terakhir untuk membuat gedung hemat energi yang kedua adalah memastikan bahwa gedung dibuat dengan kerapatan yang tinggi.Maka celah yang ada pada setiap bagian ruangan diminimalkan agar ventilasi udara bisa berjalan dengan lebih efisien.Saat pendingin ruangan dinyalakan, ketika itu juga diatur untuk menjaga suhu ruangan pada tingkat suhu tertentu maka ia akan bekerja hingga suhu ruangan tersebut mencapai titik yang telah ditentukan.Seandainya ruangan tersebut dalam keadaan terbuka dan memiliki banyak celah maka akan pendingin ruangan akan bekerja ekstra keras untuk menjaga suhu ruangan tetap stabil untuk mengantisipasi suhu dingin yang hilang lolos dari celah-celah yang terbuka. Maka untuk itu semakin kuat pendingin ruangan bekerja makin banyak pula energi yang digunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips-Tips Membersihkan Dinding

Sat Oct 3 , 2020
GreenClean.id – Mencuci atau membersihkan dinding Anda adalah tugas pembersihan dalam yang luar biasa yang paling baik dilakukan di akhir musim semi dan awal musim gugur saat Anda bisa memecahkan jendela atau membuka pintu untuk membantu proses pengeringan. Betapapun memakan waktu, itu adalah tugas yang penting untuk menjaga rumah Anda […]
Tips-Tips Membersihkan Dinding