Seputar Tentang Hashtag Instagram Yang Harus Kamu Pahami

Berita Terbaru Gadget Ternyata, hashtag atau tagar Instagram bila digunakan dengan benar bisa membuat postingan kita dilihat oleh lebih banyak orang. Semakin banyak orang yang melihat, semakin besar kemungkinan mereka tertarik dengan produk, brand, atau profil kita.

Untuk menggunakan hashtag Instagram secara efektif, kita harus memahami cara kerjanya dan menyiapkan beberapa strategi khusus. Berikut ulasan lengkap mengenai hastag, antara lain :

 

Seputar Tentang Hashtag Instagram Yang Harus Kamu Pahami

 

 

1. Apa itu hashtag dan apa fungsinya?
Dilansir laman Hootsuite, hashtag adalah kombinasi huruf, angka, atau emoji yang diawali dengan simbol #. Contohnya adalah hashtag #ThrowbackThursday. Hashtag dipakai untuk mengategorikan konten dan membuatnya lebih mudah untuk ditemukan.

Hashtag bisa diklik. Jika diklik atau melakukan pencarian hashtag di opsi search, maka Instagram akan menampilkan semua postingan yang diberi hashtag tersebut.

Apa fungsi hashtag? Laman Hootsuite menegaskan bahwa hashtag adalah cara untuk memperluas audiens Instagram. Saat kita menggunakan hashtag untuk feed dan story, maka postingan kita akan muncul di halaman untuk hashtag itu.

Pengguna Instagram bisa mengikuti hashtag tertentu. Ini berarti mereka bisa melihat postingan yang diberi hashtag meski mereka belum mengikuti akun kita. Selain itu, hashtag juga merupakan cara terbaik untuk membangun komunitas online dan menjalin relasi dengan orang yang memiliki minat sama.

2. Inilah jenis hashtag Instagram yang paling populer!
Dari sekian banyak jenis hashtag populer, Instagram memecahnya menjadi sembilan jenis berbeda, yakni:

-Hashtag produk atau layanan: Ini adalah hashtag untuk mendeskripsikan produk atau layanan, seperti #Clutch untuk produk tas tangan atau #JasaArsitek untuk service.
-Hashtag komunitas Instagram: Tagar yang digunakan jika ingin menemukan komunitas dengan minat yang sama, contoh #SketchersOfInstagram untuk orang yang sama-sama menggemari sketsa.
-Hashtag acara khusus atau musiman: Ini bisa merujuk pada acara tertentu, semisal #DiwaliFestival atau #GalunganFestival.
-Hashtag akronim: Yaitu tagar untuk singkatan yang terkenal, contoh #BFF untuk best friend forever, #YOLO untuk you only live once, atau #OOTD untuk outfit of the day.
-Hashtag khusus: Ini adalah tagar untuk sesuatu yang spesifik, seperti #Foodblogger atau #Travelblogger.

3. Bagaimana cara mencari hashtag yang sedang trending?
Berbeda dengan Twitter, Instagram tidak mempublikasikan daftar hashtag yang sedang trending dan banyak dibicarakan. Tapi, setidaknya kamu bisa tahu berapa banyak postingan yang menggunakan hashtag tersebut. Kamu juga bisa mengetahui angkanya secara pasti.

Mencarinya pun mudah. Cukup masukkan hashtag dan sertakan simbol # ke dalam kotak pencarian. Ini juga bisa dilakukan dengan mengklik “tag” dan masukkan istilah pencarian yang diinginkan.

4. Hindari penggunaan hashtag yang dilarang atau berisi spam
Namun, jangan asal menambahkan hashtag. Menurut laman Hootsuite, kita hanya bisa menambahkan 30 hashtag di postingan feed dan 10 hashtag di Instagram Story. Selain itu, hindari hashtag yang dilarang, tidak pantas, dan berisi spam.

Apa konsekuensinya jika kita tetap ngotot memakai hashtag yang dilarang? Memakai hashtag yang dilarang bisa menyebabkan penurunan interaksi. Contoh hashtag yang dilarang karena berpotensi spam adalah #followme, #like4like, #follow4follow, #tagsforlikes, dan sejenisnya.

Menggunakan hashtag tersebut akan menarik bot, pengirim spam, serta pengguna lain yang tidak berniat terlibat dengan kita. Selain itu, terkadang mereka tidak sungkan untuk meminta like dan follow dari kita. Pasti menyebalkan, kan?

Contoh hashtag lain yang dilarang adalah yang berkaitan dengan topik sensitif dan berbahaya. Semisal #suicide, #kill, dan #selfharm. Hashtag ini dilarang karena dikhawatirkan bisa men-trigger orang lain.

5. Jangan gunakan hashtag yang tidak relevan atau berulang
Apakah kamu sering menyalin dan menempelkan hashtag yang sama dari satu postingan ke postingan yang lain? Sebenarnya, ini tidak dianjurkan. Sebab, Pedoman Komunitas Instagram menyatakan bahwa memposting komentar atau konten berulang tidak diperbolehkan.

Dikutip dari laman Hootsuite, menggunakan hashtag yang sama di setiap postingan akan membuat kita dikenai sanksi oleh algoritma. Pastikan untuk memilih kata kunci yang tepat untuk setiap postingan.

Dan pastikan bahwa hashtag yang digunakan relevan dengan isi postingan. Misalnya, postingan kita yang sedang berlibur bisa ditandai dengan hashtag #wanderlust, #travelgram, atau #globetrotter. Dengan ini, kamu bisa menghasilkan engagement yang tinggi dan mungkin menciptakan banyak pengikut baru.

Hal ini diamini oleh laman Sprout Social. Menurut statistik Instagram, postingan yang menyertakan setidaknya satu hashtag menghasilkan lebih banyak interaksi daripada tidak sama sekali.

Itulah beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menemukan hashtag yang tepat untuk postingan Instagram. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Ragam Ponsel Flagship Terbaru Yang Akan Rilis Dalam Waktu Dekat

Mon Sep 21 , 2020
Berita Terbaru Gadget Terlepas dari pandemi yang kini sedang melanda dunia, industri smartphone tidak serta merta berhenti melahirkan produk terbaiknya. Di kelas flagship, beberapa brand besar seperti Samsung dan OnePlus, telah merilis HP andalan mereka seperti Galaxy S20 Series, OnePlus 8 Series dan Galaxy Note 20 Series. Ketiganya merupakan beberapa […]
Ragam Ponsel Flagship Terbaru Yang Akan Rilis Dalam Waktu Dekat