Tips Menjaga Earphone Dari Kerusakan Dini

Berita Terbaru Gadget Penggemar musik tentu susah lepas dari benda kecil bernama earphone. Dari jogging, menumpang transportasi umum, sampai belajar dan bekerja, sebagian orang melakukannya dengan earphone menempel di telinga.Namun, earphone juga menjadi salah satu peranti yang mudah rusak. Nah, agar earphone bisa lebih awet, lakukan beberapa cara berikut ini!

 

 

Tips Menjaga Earphone Dari Kerusakan Dini

 

 

 

1. Jangan tarik kabelnya saat mencabut, tapi pegang bagian plug-nya
Kita mungkin terbiasa menarik bagian kabel untuk mencabut earphone, terlebih ketika terburu-buru. Padahal, cara ini bikin earphone cepat rusak.Menurut Wiki How, menarik kabel memberi tekanan ekstra pada konektor dan akan merusaknya lebih cepat.

Cara yang benar adalah dengan memegang bagian plug atau steker, yaitu ujung earphone yang tersambung dengan perangkat seperti smartphone. Peganglah dengan mantap dan tariklah dengan mantap.

2. Hindari kontak dengan air
Beberapa earphone memang ada yang didesain kedap air. Namun, sebagian besar lainnya tak memiliki fitur ini. Seperti halnya perangkat elektronik pada umumnya, air dan udara lembap adalah “musuh” dari earphone.

Jika sudah terlanjur terkena air, lakukanlah penanganan dengan cepat. Keringkan earphone dengan handuk lembut, lalu goyangkan perlahan untuk mengeluarkan air yang masuk ke bagian dalam. Setelahnya, biarkan kering secara alami selama 48 jam dan jangan pernah menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, saran laman Shure.

3. Hindari memakai earphone sambil tidur
Kamu mungkin kerap menggunakan earphone untuk mendengarkan musik sebelum tidur. Namun, kebiasaan ini justru harus dihindari. Selain bisa merusak indra pendengaran, kebiasaan ini juga dapat membuat kabel earphone tertekuk dan terpelintir, sehingga membuatnya tidak awet.

Namun, jika kebiasaan ini sulit dihilangkan, pastikan bahwa volume musik di earphone dipelankan agar tidak merusak indra pendengaran. Selain itu, jika kantuk mulai melanda, jangan lupa cabut dan lepaskan earphone, ya! Lalu, rapikan dan simpan di atas meja.

4. Siapkan tempat khusus untuk menyimpan earphone
Jika memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk membeli case untuk earphone. Hal ini untuk mencegah kabel earphone tertekuk dan kusut. Pertimbangkan untuk membeli case atau tas kecil untuk menaruh earphone, apalagi kalau kamu sering menggunakannya sehari-hari.

Jangan pernah menaruh earphone di dalam saku celana atau baju, karena bisa membuatnya tergencet, tertindih dan kabelnya terpelintir. Jika kebiasaan ini diteruskan, bukan tak mungkin jika earphone milikmu akan cepat rusak.

5. Gulung rapi jika kamu tak menggunakannya
Memang rasanya malas untuk menggulung earphone dengan rapi, namun ini bisa mencegahnya dari kerusakan. Apalagi, jika kamu tidak lagi menggunakannya dalam kurun waktu yang lama. Jika kabel itu kusut, maka bagian dalam kabel bisa rusak dan berpengaruh pada kualitas suaranya.

Gulung dengan rapi, jangan terlalu tegang, jangan terlalu kendur juga. Lalu, ikat dengan rapi, bisa dengan karet, bisa juga dengan klip khusus. Setelahnya, simpan di tempat yang kering dan di suhu ruangan. Akan lebih baik jika ada box khusus untuk menyimpannya.

6. Jangan menyetel volume terlalu kencang
Mendengarkan musik dengan volume keras memang asyik. Namun, kebiasaan buruk ini tak hanya merusak indra pendengaran, tetapi juga earphone yang kamu gunakan. Volume kencang bisa menyebabkan distorsi dan dengung permanen yang akan merusak speaker earphone tersebut, tutur laman Wiki How.

Selain itu, memperkecil volume bass juga bisa membantu mencegah earphone dari kerusakan. Bass adalah suara dengan frekuensi rendah dan bisa memberi tekanan pada speaker. Jangan khawatir, kita bisa mengubah pengaturan volume bass di smartphone!

7. Bersihkan dari debu dan kotoran secara rutin
Terakhir, jangan lupa untuk rutin membersihkan earphone dari debu dan kotoran secara rutin. Karena terlalu sering digunakan, kotoran akan menumpuk dan bisa menyebabkan kualitas audio menurun. Tak jarang, kotoran dari telinga kita menempel pada earphone. Gak mau kan earphone kesayanganmu terlihat menjijikkan?

Ingat, jangan pernah menggunakan benda tajam untuk membersihkan earphone. Jika earphone dilengkapi dengan earbud, kita bisa melepas earbud terlebih dahulu lalu mencucinya dengan air hangat. Biarkan kering, lalu pasang kembali.

Demikianlah beberapa cara merawat earphone agar tetap awet. Jika memiliki budget lebih, tak ada ruginya membeli earphone yang lebih mahal. Ada harga, ada kualitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Trik Melakukan Video Call WhatsApp 50 Orang Diponsel

Thu Aug 27 , 2020
Berita Terbaru Gadget Aplikasi pesan WhatsApp kini telah meningkatkan kemampuan fitur video call yang bisa menampung banyak orang. Jika kamu belum tahu, saat ini pengguna WhatsApp sudah bisa melakukan video call hingga 50 orang peserta dengan mudah. Saat ini, fitur video call WhatsApp hingga 50 orang di HP baru hanya […]
Trik Melakukan Video Call WhatsApp 50 Orang Diponsel