Intip Masing-Masing “Kekuatan” Antara Nintendo Switch Lite Dan Nintendo Switch

Berita Terbaru Gadget Kurang lebih 2 tahun setelah meluncurkan Nintendo Switch ke pasaran, Nintendo kembali memperkenalkan varian terbaru dari Switch yaitu Nintendo Switch Lite. Versi Lite dari Switch mulai dipasarkan bulan September 2019. Apa bedanya Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite ? Berikut ini Hostcoremedia rangkum beberapa perbedaannya Nintendo Switch vs Lite, antara lain :

 

 

Intip Masing-Masing "Kekuatan" Antara Nintendo Switch Lite Dan Nintendo Switch

 

 

1. Harga Nintendo Switch vs Nintendo Switch Lite
Nintendo Switch Lite ditargetkan untuk konsumen yang ingin beli Nintendo Switch tapi terbatas dari segi bujet. Konsol game portabel ramah kantong ini dijual dengan harga $199 atau sekitar Rp 2,8 jutaan. Lebih murah dibanding harga Nintendo Switch yang dijual dengan harga $299 atau sekitar Rp 4 jutaan. Karena lebih murah tentu saja ada beberapa fitur yang disunat dari versi orisinilnya.

2. Ukuran dan Berat
Perbedaan yang paling terlihat dari Nintendo Switch dibanding Switch Lite adalah ukurannya. Ukuran Switch Lite lebih kecil dibanding Switch versi standar. Nintendo Switch punya ukuran lebar 9.4 inci, tinggi 4 inci, dan tebal 0.55 inci. Sedangkan, Switch Lite punya lebar 8.2 inci, tinggi 3.6 inci, dan tebal 0.55 inci. Ukuran lebih kecil juga membuatnya lebih ringan. Versi lite punya berat hanya 270 g, lebih ringan dibanding versi orisinil yang seberat 400 g.

3. Ukuran Layar
Nintendo Switch versi standar dibekali layar seluas 6.2 inci. Sementara itu, Switch Lite punya ukuran layar lebih kecil yaitu 5.5 inci. Kedua konsol game portabel ini sama-sama punya resolusi layar HD 1280 x 720 piksel. Kedua perangkat ini juga sama-sama menggunakan panel layar sentuh LCD. Kalau dilihat sekilas, memang ukuran layar Switch Lite lebih mirip seperti layar smartphone pada umumnya.

4. Controller dan Aksesoris
Perbedaan Nintendo Switch vs Lite yang paling signifikan adalah controller dan aksesoris-aksesoris pendukungnya. Berbeda dari versi orisinilnya, Nintendo Switch Lite tidak punya kontroler Joy Con. Kontroler game langsung di-attach di perangkat dan tidak bisa dilepas pasang. Karena tidak punya Joy Con, otomatis Switch Lite tidak support HD Rumble dan IR Motion Camera. Tidak hanya itu, dalam paket pembelian kamu juga tidak akan mendapat Nintendo Switch Dock. Dengan begini, kamu tidak bisa hubungkan Switch Lite ke TV melalui dock atau HDMI.

5. Mode Pemakaian
Karena tidak punya Joy Con, otomatis mode pemakaian yang bisa digunakan di Switch Lite lebih terbatas. Perangkat ini hanya bisa dipakai dalam mode handheld saja. Tidak seperti versi orisinil Nintendo Switch yang bisa dipakai dalam 3 mode, yaitu Handheld, Tabletop, dan TV Mode.

6. Kapasitas Baterai dan Daya Tahan
Switch Lite dibekali baterai berkapasitas 3570 mAh. Kapasitas baterainya lebih kecil dibanding Switch standar yang sebesar 4310 mAh. Meskipun baterainya lebih kecil, hal ini yang menjadi kelebihan Nintendo Switch Lite yakni konsumsi daya Switch Lite lebih efisien karena ukuran layar lebih kecil dan tidak mendukung Joy Con yang membutuhkan koneksi wireless. Saat dijajal main game The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Switch Lite bisa bertahan hingga 4 jam, sementara Switch standar hanya 3 jam saja.

7. Pilihan Game Nintendo Switch vs Switch Lite
Nintendo Switch bisa memainkan semua judul game yang dirancang untuk Nintendo Switch. Sedangkan untuk varian Lite, hanya bisa memainkan game Nintendo Switch yang mendukung mode handheld saja. Switch Lite tidak bisa memainkan game yang mengharuskan dimainkan dalam mode tabletop dan TV mode. Untuk memudahkan kamu mencari game yang kompatibel dengan Switch Lite, cari saja game dengan ikon mode Handheld. Selain itu, karena tidak punya Joy Con, kamu tidak bisa main berdua di satu perangkat jika beli Nintendo Switch versi yang lebih ringkas ini.

Nintendo Switch vs Switch Lite, Mana Lebih Baik ?
Nintendo Switch versi baru yang lebih ringkas dan dengan pengurangan fitur diluncurkan khusus untuk kamu yang pengen main game Nintendo Switch tapi punya bujet terbatas. Semua game Switch bisa dimainkan di versi Lite asalkan ada logo Handheld mode. Meski harganya murah, namun ada banyak fitur yang disunat. Kekurangan yang cukup terasa di Switch Lite adalah karena tidak punya Joy Con sehingga tidak bisa dimainkan berdua bareng teman. Ukuran layar Switch Lite juga lebih kecil dan lebih mirip layar smartphone dibanding layar konsol game portabel.

Dan tadi adalah Perbedaan Switch Lite dan biasa. Namun pilihannya tetap di kamu, kalau kamu gak keberatan untuk main sendirian, silakan beli Switch Lite. Tapi kalau mau konsol game portabel yang bisa dimainin berdua, silakan nabung lebih lama supaya bisa beli Nintendo Switch yang harga lebih mahal.

Mana yang menjadi favoritmu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Brand-Brand Mouse Yang Recommended Untuk Bekerja Di Rumah

Fri Aug 21 , 2020
Berita Terbaru Gadget Mouse merupakan salah satu pheripheral yang sangat penting untuk menunjang aktivitas komputasi, sehingga dengan memilih mouse yang sesuai dengan kebutuhan ada beberapa pertimbangan khusus. Agar nantinya kita tidak salah membeli, dan harapannya mouse tersebut dapat kita gunakan untuk menunjang aktivitas komputasi kita sehari-hari. Untuk kamu yang ingin […]
Brand-Brand Mouse Yang Recommended Untuk Bekerja Di Rumah