Trik Mengisi Daya Baterai Ponsel Dengan Cepat

Berita Terbaru Gadget Kesal ponselmu lama pada saat mengisi daya ? Berikut ini beberapa cara agar baterai ponselmu bisa terisi lebih cepat, meski tanpa fitur fast-charging. Berikut ulasannya :

 

Trik Mengisi Daya Baterai Ponsel Dengan Cepat

 

 

1. Isi daya lewat stop kontak
Ada dua cara untuk mengisi daya baterai ponselmu. Yang pertama melalui port USB di laptop, komputer, atau powerbank. Cara ini gak disarankan karena mengisi daya via port USB hanya memberikan output tenaga sebanyak 0,5 A saja. Kecuali, jika kamu menggunakan powerbank berkualitas baik yang bisa menghasilkan output lebih banyak.

Untuk mengisi daya HP secara reguler, lebih baik langsung sambungkan dengan charger ke stop kontak. Daya yang dihasilkan bisa 1-2A tergantung jenis charger-nya. Namun, ini akan membuat daya terisi 2 sampai 3 kali lebih cepat dibandingkan melalui USB.

2. Nyalakan mode pesawat
Sinyal radio dan internet merupakan salah satu elemen yang mengonsumsi baterai cukup banyak. Semakin buruk sinyal, maka konsumsi daya yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Selain itu, sebagian aplikasi yang kamu gunakan juga terus berjalan ketika ada sinyal.

Oleh karena itu, nyalakan mode pesawat saat mengisi daya HP. Cara ini ampuh meningkatkan kecepatan pengisian sampai 25 persen, lho!

3. Manfaatkan powerbank
Meski tak bisa menggantikan charger stop kontak, powerbank dapat membantumu mengisi daya ponsel selama bepergian. Namun, tidak sembarang powerbank, pastikan bahwa powerbank yang kamu beli telah mendukung fitur fast-charging dan memiliki kapasitas yang besar sehingga dapat digunakan berkali-kali.

Selain itu, powerbank yang berkualitas juga memiliki kemampuan menghantarkan daya secara lebih efisien. Jadi, cermati sebelum memilih, ya!

4. Hindari mengisi daya via nirkabel
Terlepas dari kemudahan yang ditawarkan oleh wireless charging atau pengisian daya nirkabel, hindari penggunaan fitur canggih ini jika kecepatan pengisian daya menjadi prioritas kamu. Pengisian daya nirkabel menawarkan kualitas pengisian daya yang jauh lebih lambat dari via kabel.

Beberapa pengujian bahkan membuktikan bahwa wireless charging lebih ‘lemot’ hingga 50 persen di banding pengisian daya via kabel. Alasan untuk ini sangat sederhana, bahwa kontak tidak langsung yang dilakukan wireless charging membuat proses transfer daya ke HP jadi tidak maksimal.

5. Lepas casing ketika mengisi daya
Sejauh ini, hampir semua HP masih menggunakan baterai lithium-ion. Dan diketahui pula bahwa baterai jenis ini jauh lebih efisien atau memakan lebih sedikit waktu untuk diisi dayanya, ketika suhunya berada dalam posisi dingin.

Untuk pengisian optimal, suhu baterai (bukan suhu udara) harus berada di antara 5 sampai 45 derajat Celcius. Sangat jelas bahwa suhu baterai sebagian besar dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya, sehingga melepas casing ketika mengisi daya sangatlah direkomendasikan untuk menjaga suhu baterai agar tetap berada di angka optimal.

6. Gunakan kabel berkualitas tinggi
Perbedaan kualitas di antara dua kabel murah dan mahal bisa sangat jauh. Di dalam kabel pengisian terdapat empat kabel individu – merah + hijau (untuk transfer data) dan putih + hitam (untuk pengisian daya).

Jumlah amp yang dapat dibawa oleh dua kabel pengisian ditentukan berdasarkan ukurannya. Kabel 28-gauge standar (di kabel murah) hanya dapat membawa tenaga sekitar 0,5 amp saja, sementara kabel 24-gauge yang lebih besar (di kabel mahal berkualitas tinggi) dapat membawa tenaga hingga 2 amp, untuk transfer daya yang lebih banyak dalam satu kali jalan.

7. Matikan HP
Cara terakhir sekaligus yang paling manjur untuk mempersingkat waktu pengisian daya adalah dengan mematikan HP itu sendiri. Menyalakan mode pesawat mungkin sudah lebih dari cukup, namun jika ingin lebih maksimal lagi, mematikan HP jadi solusi terbaik.

Dengan mematikan HP ketika diisi dayanya, kamu secara tidak langsung menghentikan permintaan tenaga HP untuk hal-hal seperti pengoperasian layar, sensor gerak dan bahkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Satu-satunya kekurangan dari cara ini mungkin hanyalah kamu tidak akan bisa mendapat notifikasi hingga HP kembali dihidupkan.

Demikianlah beberapa cara yang bisa membantumu mengisi daya HP lebih cepat meski tanpa fast-charging. Mau mencobanya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sudah Tahu Cara Menggunakan Stiker Animasi WhatsApp?

Sat Jul 18 , 2020
Berita Terbaru Gadget Usai muncul awal Juli kemaren, pihak WhatsApp akhirnya resmi meluncurkan stiker animasi untuk semua penggunanya, baik pemakai perangkat Android maupun iPhone. Sebelumnya, WhatsApp melakukan uji coba terbatas pada aplikasi versi Beta untuk fitur stiker animasi ini. Butuh waktu yang cukup lama untuk aplikasi pesan milik Facebook ini […]
Sudah Tahu Cara Menggunakan Stiker Animasi WhatsApp?