Apa Keuntungan Membeli Smartphone Spek Tinggi ?

Berita Terbaru Gadget Mungkin kamu sering dilematis ketika ingin membeli smartphone baru. Karena smartphone itu bakal jadi teman keseharian kita yang harus bisa diandalkan kapan saja, mulai dari menonton, bekerja, mengabadikan momen, hingga bermain game.

Untuk menemani kita melakukan hal-hal tersebut, kita dihadapkan dengan sejumlah varian ponsel pintar dengan tipe yang berbeda-beda. Lalu smartphone macam apa yang bisa kita andalkan?

Apabila kita melihat dari sisi teknis, tentu yang paling bisa diandalkan adalah smartphone dengan spesifikasi yang tinggi. Setidaknya, ada beberapa alasan kuat kenapa ponsel dengan spesifikasi tinggi merupakan pilihan yang tepat bagi kita, antara lain :

 

Apa Keuntungan Membeli Smartphone Spek Tinggi ?

 

 

Dibekali prosesor terbaik, aman hingga beberapa tahun ke depan
Dengan spesifikasi premium, sebuah smartphone tidak hanya dapat diandalkan pada saat ini, tetapi juga hingga tiga sampai empat tahun ke depan. Spesifikasi yang tinggi membuatnya masih mumpuni dalam waktu yang panjang.
Sebagai contoh, dalam aktivitas gaming yang memerlukan kemampuan mumpuni dari sebuah smartphone. Tentu, ponsel dengan spesifikasi tinggi bisa memberikan pengalaman paling maksimal dalam bermain game. Tapi tak hanya itu, smartphone premium juga bisa memberikan rasa aman bagi pengguna di kemudian hari karena kemampuannya yang baik itu masih ‘kuat’ untuk menemani kamu bermain game masa depan yang biasanya tidak mampu diberikan ponsel kelas menengah. Biasanya, smartphone dengan spesifikasi premium dibekali dengan prosesor terbaik di tahun peluncurannya. Untuk tahun ini, misalnya, smartphone premium biasanya dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 865. Di tahun 2019, prosesor terbaiknya adalah Snapdragon 855.

Tak hanya prosesor, tapi juga kamera
Salah satu fenomena umum dalam industri smartphone adalah trade-off. Dalam hal ini, untuk menekan harga, sejumlah vendor biasanya mengurangi satu aspek smartphone untuk menghadirkan keunggulan di aspek lain.Biasanya, trade-off di sebuah smartphone menyasar pada aspek prosesor dan kamera. Sebab, kedua komponen itu menelan biaya yang paling mahal dalam memproduksi smartphone. Jadi, sering kali smartphone dengan prosesor mumpuni justru memiliki kamera yang biasa saja. Di sisi lain, smartphone dengan kamera yang bagus biasanya tak dilengkapi dengan prosesor terbaik. Namun, dilema trade-off itu tak hadir di ponsel kelas flagship. Sehingga, smartphone segmen tersebut bisa diandalkan baik dalam hal performa maupun kamera.Sebagai catatan, untuk melihat kemampuan kamera, kita tidak bisa hanya melihat angka di atas kertas. Meski smartphone premium tampak punya spesifikasi yang lebih rendah atau setara dengan smartphone lain di bawahnya, kualitasnya baru terlihat jika kamu melihat hasil foto langsung dari kamera tersebut.

Layar ciamik
Setelah prosesor dan kamera, keunggulan lain yang ditawarkan smartphone spesifikasi tinggi ada pada layar. Bagian ini sering kali dilupakan, padahal layar merupakan bagian pertama yang kita lihat dari sebuah smartphone.Smartphone high-end tak hanya membawa layar yang lebih tajam, tapi umumnya juga telah memakai teknologi layar terbaik di industri ponsel. Teknologi tersebut bakal terasa jika kamu membandingkan dengan smartphone di segmen lain, baik dalam hal warna yang lebih ‘gonjreng’ atau pencahayaan yang lebih jelas di suasana yang terik. Sayangnya, smartphone dengan spesifikasi yang tinggi sering kali tidak ramah kantong. Dalam segmentasi harga smartphone, perangkat dengan spesifikasi yang tinggi biasanya berharga belasan juta rupiah.

Sudah pahamkan sekarang ? Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

iPhone 12 Akan Dirilis Dengan Non Charger?

Tue Jun 30 , 2020
Berita Terbaru Gadget Untuk para pecinta Apple, mungkin iPhone 12 jadi perangkat incaran kamu tahun ini. Dan kamu harus menyiapkan budget lebih untuk membeli perangkat ini.Sebagaimana menurut prediksi analis, iPhone 12 kemungkinan bakal dijual tanpa charger. Hal itu diungkap oleh analis produk Apple terpercaya, Ming-Chi Kuo. Ia menambahkan bahwa charger […]
iPhone 12 Akan Dirilis Dengan Non Charger?